Benarkah Memakan Emping Dapat Menyebabkan Asam Urat?

Benarkah Memakan Emping Dapat Menyebabkan Asam Urat?
Emping adalah camilan tradisional yang terbuat dari biji melinjo yang kemudian diiris tipis dan dikeringkan. Rasanya yang gurih dan renyah membuat emping populer di Indonesia sebagai teman makan nasi atau sebagai camilan. 

Namun, ada mitos yang mengatakan bahwa memakan emping dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti asam urat. Benarkah hal ini? 

Apa Itu Asam Urat? 

Asam urat adalah zat limbah yang dihasilkan oleh tubuh ketika proses pemecahan purin dari makanan yang kita konsumsi. 

Jika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya secara efisien, maka asam urat dapat menumpuk dalam darah dan mengendap di persendian sehingga menyebabkan gejala nyeri dan peradangan yang disebut sebagai rematik atau gout. 

Kandungan Gizi Emping 

Emping terbuat dari melinjo, yang kaya akan nutrisi seperti serat, protein, lemak sehat, serta beberapa mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Namun, tidak terdapat penelitian yang secara spesifik mengaitkan emping dengan peningkatan risiko asam urat. 

Faktor Penyebab Asam Urat 

Penyebab utama asam urat adalah konsumsi makanan tinggi purin seperti daging merah, seafood, dan alkohol. Selain itu, faktor genetik, obesitas, dan kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes juga dapat berkontribusi terhadap peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. 

Emping dan Asam Urat: Apakah Ada Hubungannya? 

Meskipun ada kekhawatiran bahwa makanan yang kaya lemak atau garam seperti emping dapat memicu asam urat. Faktanya, emping mengandung purin yang relatif tinggi, yaitu sekitar 50 hingga 150 miligram per 100 gram sajian. Oleh sebab itu, emping bisa meningkatkan risiko asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Rekomendasi Konsumsi Emping 

Seperti makanan lainnya, konsumsi emping sebaiknya dalam jumlah yang moderat sebagai bagian dari pola makan seimbang. Jika Anda memiliki riwayat masalah asam urat atau rematik, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai mengenai diet Anda. 

Oleh karena itu, sambil menikmati emping dengan bijak sebagai camilan, tetaplah menjaga pola makan yang seimbang dan sehat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Dengan demikian, memakan emping dengan bijak dan dalam jumlah yang cukup tidak akan meningkatkan risiko asam urat secara signifikan, selama dipadukan dengan pola makan yang sehat secara keseluruhan. 

Yuk dapatkan informasi selengkapnya terkait penyakit, obat, suplemen, vaksin, vitamin, artikel kesehatan, dan seputar kefarmasian dengan mengakses laman pafikotarantauprapat.org sebagai laman resmi organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI).

Tidak ada komentar untuk "Benarkah Memakan Emping Dapat Menyebabkan Asam Urat?"